ROTI ISI PISANG



Ini adalah pisang yang aku critakan kemarin, akhirnya jadi isian roti hihiiii...
Critanya waktu acara "unjung-unjung" lebaran kemarin kami sekeluarga terdiri dari aku sekeluarga, abangku dan Rayyan (anaknya) dan Umik kerumah sodara. Oiya...biasanya lengkap ada Abi, Mamak dan Tacik istri abangku...tapi karena tacik abis lahiran jadi dia dirumah sama bayinya ditemani Abiku, dan Mamak...tau deh kenapa dia ga ikut, biasanya dia paling semangat ikut karena biarpun dia ga dapat angpow tapi selalu dapat pujian "si artis sinetron" hahaa PRUT!! :P
Perjalanan kami mulai dari kerumah sodara di Tempeh Tengah, disini banyak keluarga dari Mbah Kung ku (bapaknya Umik). Kemudian langsung ke Desa Dorogowok, Kedungmoro dan Kaliwungu... hmm yang hafal bener daerah Tempeh dan sekitarnya pasti udah ga asing lagi dengan nama desa-desa itu, disana mayoritas penduduknya adalah dari suku Madura dengan bahasa Madura Lumajangan hihiiii.... Apakah aku ada keturunan Madura ? jawabnya "Iyaaa...!!" Bapaknya Mbah Putriku (ibunya Umik) asli sanaaaaaa... hohooo, jadi jangan kaget klo disana banyak banget sodara ku. Namanya juga main kedesa dengan rumah yang halamannya luas-luas dengan tanaman pisang dan pepaya dimana-mana (dulu kyknya ada pohon jeruknya) dan sawah kebun yang masih luas jadiiii klo main kesana (hanya klo lebaran aja siih huhuuu ) pasti dibawain hasil kebun itu, pokoknya apa yang bisa dipetik saat itu ya itulah yang dibawain hihiiii...kadang bawa terong, kacang panjang, pepaya, pisang. Awalnya kami menolak karena kami mikirnya kayak pisang dll itu bisa dijual tapi mereka selalu "lebih baik dikasihkan sodara daripada dijual" huhuuu jadi terharu T,T
Okay...kali ini aku pulang bawa setundun pisang kayu yang udah tua banget. Yeshh!!
Sejatinya perjalanan akan kami lanjutkan ke Desa Pulo (masih sodaranya Mbah Putriku) dan ke Lumajang kerumah Bulikku tapi karena Ara, Tia dan Rayyan udah merengek minta pulang, yasudahlah "unjung-unjungnya" lanjut besok sajjah.







Pisang Kayu itu pisang yang harus diolah ato dimatengin dulu sebelum disantap, ga seperti pisang Raja, pisang Ambon ato pisang Barlin yang siap makan. Bentuknya kecil panjang dan rasanya manis. Bisa buat kolak, pisang goreng, isian kue (misal nogosari, roti, molen, bolen dll) tapi kalo aku lebih suka dikukus aja dalam keadaan pisang yang belum menguning jadi masih mengkel-mengkel gitu, hmm... beneran enak (Y).  Dulu Almarhum Mbahku sering bikin urap pisang kayu ini dari pisang yang kulitnya masih hijau, ga ada rasa sepet-sepetnya biarpun kulitnya masih ijo.
Sayangnya kemarin aku ga potoin pisangnya...bisa jadi didaerah lain namanya bukan pisang Kayu.







ROTI ISI PISANG

Bahan Biang:
300 gram tepung terigu protein tinggi
3 gram ragi instan
15 gram gula pasir
200 gram air es

Bahan:
150 gram tepung terigu protein sedang
6 gram ragi instan
30 gram susu bubuk
75 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air
75 gram margarin
1 sendok teh garam



Bahan Isi :
- Pisang yang sudah direbus dan meses secukupnya
- Sosis, keju cheddar, daun bawang iris halus, saos tomat/cabe secukupnya.

Bahan Olesan, Aduk Rata:
1 butir telur
25 ml susu cair

Cara membuat:
  1. Biang, campur tepung terigu, ragi instan, dan gula. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 1 jam di suhu ruang. Simpan 30 menit dalam lemari es.
  2. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, gula, dan biang. Uleni rata.
  3. Masukkan telur, air, dan pasta pandan sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Timbang adonan masing-masing 40 gram. Diamkan 10 menit.
  5. Giling adonan. Beri isi, bentuk sesuai selera dan rapikan. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
  6. Oleskan bahan olesan, untuk yang isi sosis tambahkan atasnya dengan saos tomat/cabe, parutan keju, irisan daun bawang.  Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 12 menit sampai matang.





Karena aku lagi pengen bikin-bikin tapi ga mau lama-lama didaapur jadi satu resep adonan aku jadikan 10 biji aja ...maksud hati biar cepet selesai, hwaah!! gede-gede bangeeeet hihiii. Dan yang 3 aku isi sosis. Klo rerotian kyk gini anak-anakku pada suka, apalagi isi pisang ada coklatnya dan sosis.
Eh ini resepnya dari Sajian Sedap, beneran empuk lho... (Y)
"Klo bisa bikin sendiri kenapa mesti beli..." #Ummu Ichsan ayo bermain didapur :D

Comments

  1. minal aidin walfaidzin mba Vivi sayang... :))

    fotonya aseli deh makin keren ajah... gak bosen muji karyanya mba Vivi nih...

    *kedip2...

    ReplyDelete

Post a Comment