Kamis, 29 Januari 2015

SUS MAKER




Bismillah ...
Masih ada hujan disini dan kemarin dueres banget...tapi kemarin-kemarinnya udah ga hujan dan udah panas banget seperti Probolinggo biasanya. 
Bikin Susmaker, hmm iseng aza sambil nunggu adek pulang sekolah ^^ lumayanlah bisa buat cemilan aku dan masfitri, klo adek sih ga bakalan mau...dia udah punya cemilan sendiri, cireng hihiiii... adek tuh tiap kali minta dibikinin sesuatu yang paling sering adalah cireng, cilok dan puding. Nih kemarin minta bikinin puding yang ada oreonya :D aku ga tau dia abis liat dimana...pokoknya sekarang bentar-bentar klo bikin-bikin minta dikasih oreo...
Dan resepnya masih sama dengan yang ini hanya aku pake all in one methode, biar cepet selesai hihiiii





Udah ah...sekian aja dulu, aku mo beredar hihiii...
yang pengen nyoba, silahkan...tetep lembut kok walopun kutelnya juga masuk ^^
yang pengen ngincipi silahkan datang kerumah, ini masih ada beberapa...hehee

" Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyikan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, maka mereka kelak akan menemui kesesatan kecuali orang-orang yang bertaubat " (QS. Maryam :59-60)



ONDE-ONDE




Bismillah ...

Kali ke dua  bikin onde-onde sendiri, yang pertamaaa duluuuu waktu ada Emak Rustik trs ga pernah bikin lagi. Sekarang bikin pake resepnya Bu Sisca.
Ceritanya bikin onde-onde ini karena ada kacang ijo kupas kuatir keburu jamuran trs lagi kemaruk punya air kapur, haddeeeeh....sebenarnya ini air kapur yang ke dua yang pernah aku punya. Yang pertama sepanci tak buang sama pancinya gara-gara kliatan kotor banget kena debu-debu waktu ada mister tukang beberapa waktu lalu.

ONDE-ONDE

Bahan :
200gr Kacang ijo kupas
125gr Gula halus
1/2sdt Vanilla bubuk
1lbr Daun pandan
2sdm Margarin

Kulit :
150gr Tepung Ketang
25gr Tepung sagu
25gr Gula pasir
1sdt Garam
100cc Air hangat
1sdm Air kapur
1sdt Margarin (tambahan dr aku)
150gr Wijen
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Isi : rendam kacang hijau semala 2 jam (tk rendam semalaman hihiii, antara lupa dan sengaja hihii).Cuci dan tiriskan, kemudian kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dan gula pasir fan daun pandan masukkan kacang hijau dan vanilla bubuk, aduk rata. Tambahkan Margarin, masak sampai menjadi kalis. Bulatkan dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan.

2. Kulit : campur semua bahan, aduk rata. Uleni hingga kalis.

3. Ambil adonan kulit, pipihkan kemudian tambahkan adonan isi. Bulatkan dan rapikan. Celupkan kedalam air sebentar saja, kemudian lumuri dengan wijen. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga matang.







Dulu seingatku jadinya tuh banyak banget...ini jadi dikit ya dan isinya masih sisa... ternyata eh ternyata kulitnya tebel banget mbakyuuuu.... :D


" Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya, niscaya akan dikatakan padanya : "Masuklah kedalam surga dari pintu manapun yang kau mau ". (HR. Ahmad)

Kamis, 22 Januari 2015

BROWNIES KUKUS




Bismillah ...
Bikin Brownies Kukus ini hanya dalam rangka menghabiskan coklat yang tinggal dikit, mo disimpan kok yo tanggung banget, hehee... Pake resep Ny. Liem...baru pertama kali bikin pake resep ini walopun udah lama dan udah banyak temen yang merekomendasikan hihiii ^^
Resepnya liat di Dapur Manis... Mbak Rina ijin link resep ya ^^
Rasanya brownies banget, nyuoklat...suka banget sama rasanya. Seresep itu jadi 2 loyang bulet kecil-kecil itu pas.





Sore itu... setelah poto-poto nyesel banget kenapa kok ga di poto setelah di potong biar kliatan dalamnya, mau poto-poto lagi males banget karena studionya udah bubar hihiii :D eh kok tiba-tiba ada tamu, Ichsan sama Umiknya dan Ayyashy sama Bundanya udah deh kuenya di makan bareng-bareng hihiii...jadi bersukur tadi kuenya ga dipotong pas poto-poto....^^
Dan yang bikin aku terharu waktu itu adalah ketika Ichsan bilang klo rasa kuenya "LUAR BIASA" ...adooh Saaaan ...Budhe Pipi rasanya nge-fly sampe malem...hahaa ^^ ga pernah lho Pakdhe Pitri sama kakak2 disini bilang kayak gitu hihiii...

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit dan mereka semuanya (di Padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa" (QS. Ibrahim:48)

Selasa, 20 Januari 2015

DONAT




Bismillah...
Cuaca yang ga menentu...kadang dari pagi menduuuung, tiba-tiba panas sebentar, terus gerimis sampe malam...tapi ya disyukuri aja, alhamdulillah masih diberi kesempatan menikmati cuaca yang seperti ini. Mulai Senin kemarin semua udah mulai beraktifitas seperti biasa, kakak udah kembali ke asrama hari Sabtu kemarin, adek juga udah sekolah dengan fullday nya setelah beberapa hari kemarin dia meliburkan diri karena yang lain pada ikut kemah sementara dia ga ikut. Dan Ayah...ke kandand laaah...^^
Dan tiba-tiba kangen sama donat, kayaknya ga salah klo aku bikin secara disini pada doyan donat. Kali ini pake resepnya Bu Sisca aja yaa...

DONAT

Bahan :
500gr Tepung terigu protein sedang
10gr Ragi instan
1sdt Baking powder
80gr Gula pasir
2sdm Susu bubuk
1sdt Vanilli bubuk
1/2sdt Garam
2btr Telur
180cc Air
100gr Margarin
Minyak goreng untuk menggoreng

Pelengkap : DCC (lelehkan) dan meses secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, garam, susu bubuk dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan telur dan air, uleni. Tambahkan margarin, uleni hingga menjadi adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan dan diamkan selama 30 menit.

2. Setelah mengembang kempiskan adonan, tipiskan stebal 2cm, cetak dengan cetakan donat. Diamkan selama 15 menit.

3. Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat dan dinginkan.

4. Setelah dingin celupkan salah satu sisinya ke coklat leleh dan tabur meses.






Dan inilah hasilnyaaaa...^^ pas udah di kasih meses adek datang, jadi pas banget ya...poto-poto bentar aja udah ditungguin soalnya hihiii... :D
Karena aku bukan orang yang seneng nonton tv dan jalan2 keluar rumah maka disaat kayak gini aku lebih seneng bermain didapur...

"Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih, kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya". (HR. Bukhori Muslim)

Minggu, 18 Januari 2015

PASTEL TUTUP




Bismillah ...
DWOH!! online dari jam setengah satu, maksud hati mo pasang foto Pastel Tutup ini eehh...malah sibuk uthek-uthek gambar yang lain disini ...akhirnya sampai jam tiga lebih baru buka blog, hikzz...
Jadi bingung mo nulis apa....
Oiya Pastel Tutup ini udah beberapa hari yang lalu bikinnya, jadiii udah abis dong sekarang yaaa ^^ masih pake LOCK & LOCK Oven Glass yang kece itu. Niat bikinnya udah lama dari sebelum liburan sekolah, bahan-bahan udah disiapin. Dari kacang polong, jamur kuping, kentang dll... sayangnya isiannya hanya pake wortel, jamur kuping dan ayam aja, karena anak-anakku maunya hanya itu...hmm ya sudahlah...
Langsung resep aja ya...udah Adzan Ashar nih ...



PASTEL TUTUP

Bahan kulit :
500gr Kentang, kukus dan haluskan
2 Kuning telur
50cc Susu cair
1sdm Susu bubuk
50gr Keju parut
Merica bubuk, pala bubuk, garam secukupnya

Bahan Isi
150gr Daging ayam, rebus dan iris kasar
75gr Wortel, potong dadu kecil kemudian siram air panas
3lbr Jamur kuping yang sudah direndam, potong-potong
1bh Bawang bombay, cincang kasar
1siung Bawang putih, cincang halus
1sdt Merica bubuk
1/2sdt Pala bubuk
Garam, gula secukupnya
2sdm margarin untuk menumis
Susu cair/air kurang lebih 50-100cc
Keju cheddar parut untuk taburan secukupnya


Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit, aduk rata sisihkan.

2. Isian : tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan daging ayam, wortel, dan jamur kuping, aduk rata. Tambahkan air ato susu cair, biarkan mendidih. Kemudian tambahkan merica, gula, garam dan pala aduk rata. Biarkan hingga bumbu meresap dan air menyusut.

3. Ratakan adonan kentang didasar LOCK & LOCK Oven Glass yang sudah dioleh margarin, tambahkan isian, kemudian tutup kembali dengan adonan kentang. Oles dengan kuning telur, taburi keju parut.

4. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit (dengan Au Bain Marie)

5. Siap disajikan.






Ini Pastel Tutup Ala Vivi .... hihiiii, apapun ituuuu yang penting orang rumah sukaaaa dan berakhir dengan wadah yang kosong... :D #senang ^^
Ini bikinnya udah menjelang sore, mateng langsung poto-poto...kenapa 2 potonya utuh, ga kliatan isinya ? karenaaa....biar rappih sampe pak suami datang...hihiiii kemudian dipake makan malam, yuhuuuu ...koyo londo maem karo kentang ___"

Udah ah....pamit dulu. Happy Baking ^^

Selasa, 13 Januari 2015

TAKOYAKI SOSIS KEJU



Bismillah...
Ketika siswa lain udah pada masuk, beda dengan kakak....karena liburnya belakangan maka masuknya pun belakangan. Dan seperti anak lain yang lagi menikmati liburan ada aja makanan yang dia minta. Salah satunya Takoyaki ini, awalnya gara-gara abis beli Takoyaki di foodcourt Matos waktu ke Malang beberapa hari yang lalu...pertama ngerasain dia langsung bilang "hmm enak, Nda ntr dirumah bikin yaa " hihiii...
Dan inilah hasilnya...pake resep Sajian Sedap. Isinya yang simpel aja...sosis dan keju. Oiya aku tambah irisan daun bawang diadonannya.

TAKOYAKI SOSIS KEJU

Bahan :

200gr Tepung terigu protein sedang
1btr Telur
1 Kuning telur
1/2sdt Garam
1/2sdt Baking Powder
400cc Kaldu ayam
1 tangkai daun bawang, iris halus

Bahan isi : Sosis dan keju cheddar secukupnya, potong-potong kecil.

Bahan pelengkap : Mayones, saos tomat dan saos sambal
 
Cara membuat :

1. Aduk rata tepung terigu, baking powder, daun bawang dan garam. Tambahkan telur, kemudian tuang kaldu ayam sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan licin.

2. Tuang dicetakan poffertjes yang sudah dipanaskan, biarkan setengah matang. Beri isi, kemudian putar-putar hingga menjadi bulatan bola-bola. Biarkan hingga matang.

3. Sajikan hangat dengan bahan pelengkap.


 


Dan sukses habis tak tersisa, hihiii...kakak adek doyan... :D
Adek malah bilang "Nda kapan-kapan bikin lagi ya " ....bahagianyaaa hahaa...^^